Survei Efektivitas Pembelajaran Daring dan Tatap Muka

Survei Efektivitas Pembelajaran Daring dan Tatap Muka

Pandemi covid-19 melanda selama hampir 2 tahun lamanya. Pada bulan Maret 2020, Sekolah SMP N 4 Ungaran telah melaksanakan pembelajaran online yaitu daring. Pembelajaran daring dilaksanakan kala kasus yang terus meroket setiap hari, selain kasus yang semakin bertambah juga dikarenakan oleh beberapa zona di Indonesia yang menunjukkan zona merah yang artinya memiliki resiko tinggi.

Begitu gelombang 1 mulai melandai, SMP N 4 Ungaran mulai mencoba untuk pembelajaran tatap muka selama beberapa minggu. Lalu saat mulai memasuki gelombang 2 di mana di sini kasus yang tiba-tiba meningkat drastis juga muncul penyebaran varian delta. Percobaan tatap muka kembali dihentikan dan dialihkan kembali menjadi daring, pembelajaran daring penuh dilaksanakan setelah pemerintah memutuskan diberlakukannya PPKM level 4.

Beberapa bulan kemudian, setelah pemerintah memutuskan PPKM level 2. Kemendikbud telah mengizinkan sekolah mengadakan tatap muka maksimal 50% hingga sampai artikel ini dibuat.

Dengan sistem 2 pembelajaran tersebut, peserta didik turut merasakan 2 pembelajaran yang berbeda. Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan survei terkait perbedaan pembelajaran tersebut.

Survei dilakukan menggunakan google form dengan pertanyaan sebagai berikut :

  1. Apakah menurut Anda pembelajaran daring efektif?
  2. Bagaimana motivasi belajar Anda selama pembelajaran daring?
  3. Bagaimana perasaan Anda saat pembelajaran daring?
  4. Apakah pembelajaran tatap muka efektif?
  5. Bagaimana motivasi Anda belajar selama pembelajaran tatap muka?
  6. Bagaimana perasaan Anda saat pembelajaran tatap muka?
  7. Jika Anda dapat memilih, mana yang akan Anda pilih, pembelajaran daring atau tatap muka?

Dengan bapak/ibu guru, link tersebut disebar melalui grup kelas peserta didik SMP N 4 Ungaran. Berdasarkan jawaban dan respon dari peserta didik dengan hasil sebagai berikut :

Perbandingan pembelajaran daring dan tatap muka :

Dari hasil dua diagram di atas dari jawaban siswa yang telah mengisi, menurut siswa pembelajaran tatap muka lebih efektif daripada pembelajaran daring.

Dari hasil di atas, menurut siswa tingkat motivasi belajar mereka selama pembelajaran tatap muka sangat tinggi daripada saat pembelajaran daring.

C:\Users\PERSONAL\Downloads\WhatsApp Image 2021-10-18 at 08.29.33.jpeg

Dari hasil kedua diagram di atas, perasaan siswa terhadap pembelajaran tatap muka sangat senang daripada saat pembelajaran daring.

Kesimpulan:

Dari kedua hasil di atas, kesimpulan yang dapat diambil adalah siswa lebih senang dan menikmati pembelajaran tatap muka. Ada berbagai alasan mengapa siswa lebih senang dengan pembelajaran tatap muka, contohnya siswa mudah sekali merasa bosan, tidak bisa memahami materi dengan baik atau karena tidak bisa bersosialisasi dan bertemu langsung dengan teman-temannya. Pembelajaran tatap muka juga terlihat lebih efektif terhadap perkembangan dan belajar mereka atau pemahaman mereka terhadap materi.

Penulis : Andrea Milana Mediana, Eka Lestari, Ghaida Intan Nur Afifa, Chasey Aswin Aditya

 

Tagar :

6 Replies to “Survei Efektivitas Pembelajaran Daring dan Tatap Muka

  1. Menurut saya, pembelajaran tatap muka lebih menyenangkan dan efaktif, karena selain pembelajaran yang disampaikan jelas, kita juga bisa bertemu teman

  2. Pembelajaran tatap muka sangat menyenangkan dibandingkan dengan daring

  3. Pembelajaran tatap muka sangat efektif bagi saya dan lebih senang, dibandingkan dengan pembelajaran daring. Pembelajaran tatap muka materi lebih mudah dipahami dibandingkan dengan daring. Siswa juga dapat bersosialisasi dengan teman dan guru saat pembelajaran tatap muka.

  4. pembelajaran tatap muka sangat menyenangkan karena materi dapat dipahami dengan jelas dan juga dapat bertemu dengan teman teman

  5. Pembelajaran tatap muka sangat efektif bagi saya dan lebih senang, dibandingkan dengan pembelajaran daring. Pembelajaran tatap muka materi lebih mudah dipahami dibandingkan dengan daring. Siswa juga dapat bersosialisasi dengan teman dan guru saat pembelajaran tatap muka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *