SMP N 4 Ungaran Sukses Melaksanakan Program Vaksinasi

SMP N 4 Ungaran Sukses Melaksanakan Program Vaksinasi

 

Pemerintah terus menggalakkan program vaksinasi covid-19 untuk rentang usia 12-17 tahun. Hal ini diupayakan supaya kegiatan tatap muka dapat diselenggarakan dengan aman. Pada hakikatnya vaksinasi itu memang harus dilakukan pada seluruh kalangan, mulai dari kelompok usia anak-anak hingga lansia. Seiring dengan rencana sekolah tatap muka yang kembali dibuka, program vaksinasi memang penting bagi anak usia sekolah.

SMP N 4 Ungaran telah melaksanakan program vaksinasi 1 pada 14-15 September 2021 dengan jenis vaksin CoronaVac dan setelah jangka waktu selama 28 hari, program vaksinasi 2 dibuka kembali pada 12-13 Oktober 2021 dengan jenis vaksin Biofarma.

Untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi, sekolah menjalin koordinasi dan kerja sama dengan fasilitas pelayanan kesehatan sebagai penyedia vaksin, tenaga kesehatan dan peralatan kesehatan. SMP N 4 Ungaran menjalin kerja sama dengan Puskesmas Ungaran, vaksinasi dilaksanakan di SMP N 4 Ungaran di Jl. Erlangga III/4, Langensari, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang. Program vaksinasi ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu :

  1. Hari pertama untuk kelas 7A-8B yang terbagi menjadi 4 sesi.
  2. Hari kedua untuk kelas 8C-9H yang juga terbagi menjadi 4 sesi.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00-13.00. Selain warga sekolah, program ini juga terbuka untuk umum atau masyarakat sekitar yang belum vaksin, akan dilayani pukul 10.30 dengan membawa beberapa dokumen seperti KTP/KK dengan syarat usia 12 tahun keatas.

Program vaksinasi ini dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu :

  1. Siswa melakukan pendataan kepada walikelas masing-masing.
  2. Pendaftaran kepada petugas puskesmas dengan menyerahkan beberapa surat dan dokumen sebagai syarat vaksinasi.
  3. Setelah pendaftaran dilanjut dengan cek tensi darah dan saturasi oksigen mengggunakan Bagi siswa yang memiliki tensi darah tinggi diberi arahan untuk menunggu selama beberapa saat, lalu setelah beberapa menit siswa kembali melakukan pengecekan ulang.
  4. Dilanjut dengan tahap screening, disini siswa diberi pertanyaan seputar kesehatan ptibadi, seperti :
  5. Apakah pernah positif covid-19?
  6. Apakah memiliki riwayat penyakit bawaan?
  7. Seminggu sebelum vaksin, apakah mengonsumsi obat-obatan?
  8. Selesi tahap screening, siswa langsung diarahkan untuk vaksin, siswa dengan sabar menunggu giliran untuk vaksinasi.
  9. Usai vaksin, para siswa menuju tahap akhir yaitu observasi. Tahap ini para petugas mencatat hasil pelayanan vaksinasi dan menerima kartu vaksinasi.
  10. Setelah semua tahap selesai, siswa diperbolehkan untuk kerumah masing-masing.

Semua tahap dari program vaksinasi telah usai dengan lancar tanpa hambatan dan halangan. Para siswa sudah menerima vaksin dengan dan mendapatkan kartu vaksinasi. Berakhirnya program ini, begitu banyak menaruh harapan yakni semoa seluruh keluarga SMP Negeri 4 Ungaran pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya diberi kesehatan dan terbebas dari covid-19 yang tengah melanda negeri kita.

berikut ini tautan untuk melihat video tentang penyelenggaraan vaksin di SMPN 4 Ungaran

Tautan video vaksin ke-1

untuk link video vaksin ke-2 akan disegerakan

Anda belum vaksin?  Ayo segera vaksin!!!!

Penulis : Ghaida Intan Nur Afifa

Tagar :

3 Replies to “SMP N 4 Ungaran Sukses Melaksanakan Program Vaksinasi

  1. Semoga setelah melaksanakan vaksinasi pembelajaran dapat di laksanakan secara normal

  2. Vaksin ini sangat berguna, untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penularan covid-19. Dengan vaksin ini, kita harus tetap menjaga protokol kesehatan 5m, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *