Pengaruh Gadget pada Pemuda Milenial

PERJUANGAN PEMUDA MASA KINI: MELAWAN PENGARUH NEGATIF DARI GADGET

Apa itu gadget? Bagaimana dampak gadget pada pemuda jaman sekarang?

Gawai atau gadget adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. Gadget terbagi menjadi beberapa macam, diantaranya adalah handphone, laptop, kamera digital, tablet, dan masih banyak lagi. Di masa sekarang ini, hampir semua orang menggunakan gadget, khususnya smartphone atau handphone. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa kini sudah akrab dengan handphone. Apalagi di masa pandemi seperti ini semakin banyak kegiatan yang membutuhkan perangkat digital. Hal itu menyebabkan orang-orang menjadi semakin lekat dengan gadget.

Gadget tentu membawa banyak pengaruh positif bagi kita. Dengan adanya gadget, kita menjadi lebih mudah untuk berkomunikasi, bahkan dengan seseorang yang sedang berada jauh dari kita. Selain itu, gadget juga digunakan sebagai media hiburan dan media untuk memperoleh informasi. Di masa pandemi seperti sekarang ini, gadget sangat membantu kelangsungan belajar mengajar dalam jaringan.

Disamping banyaknya pengaruh positif yang dibawa oleh gadget, gadget juga membawa pengaruh negatif bagi kita. Gadget dapat membawa dampak buruk bagi kondisi psikologis atau kesehatan mental penggunanya. Dampak negatif gadget terhadap kesehatan mental diantaranya adalah cyber bullying atau perundungan dunia maya, kecanduan internet dan media sosial, cemas, emosi yang tidak stabil, dan dapat menyebabkan stres. Selain itu, sebagian besar pengguna gadget membutuhkan akses internet saat menggunakan gadget, sehingga akan menambah pengeluaran untuk membeli pulsa dan kuota internet. Tidak hanya itu, penggunaan gadget yang berlebihan juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan penggunanya. Pengguna gadget dapat mengalami kurang tidur, gangguan pada mata, dan obesitas. Selain hal-hal yang disebutkan di atas, masih banyak dampak negatif yang disebabkan karena penggunan gadget yang berlebihan.

Sebagai pemuda masa kini, kita harus melanjutkan perjuangan pemuda-pemuda zaman dahulu. Kita harus melanjutkan perjuangan mereka dengan cara mengisi waktu dengan kegiatan-kegiatan positif. Apalagi tantangan di zaman sekarang, dengan aplikasi-aplikasi smartphone yang sangat digemari oleh pemuda zaman sekarang. Seperti adanya instagram, facebook, tiktok, dan aplikasi-aplikasi yang lain, serta game online dapat membawa dampak yang sangat buruk. Dampak tersebut seperti hilangnya sopan santun, hilangnya rasa malu, bahkan menimbulkan rasa tidak peduli dengan lingkungan di sekitarnya. Dengan adanya hari sumpah pemuda, pemuda harus berjuang melawan dampak negatif dari gadget, dengan menjadikan diri sebagai penerus generasi bangsa yang dapat memanfaaatkan teknologi modern dengan bijaksana. Sehingga membawa manfaat bagi masyarakat luas dan membawa Bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Marilah pemuda-pemudi Indonesia, kita lawan dampak negatif dari gadget demi meneruskan perjuangan para pemuda yang telah membawa Indonesia menjadi negara merdeka dan bersatu, dengan cara menggunakan gadget secara bijak sehingga negara Indonesia semakin maju.

Penulis : Andrea Milana Mediana

Referensi :

Tagar :

4 Replies to “Pengaruh Gadget pada Pemuda Milenial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *