Cara Menjaga Semangat Sumpah Pemuda untuk Pelajar

Cara Menjaga Semangat Sumpah Pemuda untuk Pelajar

Tanggal 28 Oktober merupakan hari yang bersejarah bagi kita kalangan anak muda. Kebebasan berkreasi, mengeluarkan pendapat, dan melakukan segala hal dengan kebebasan telah mereka perjuangkan. Menegaskan cita-cita yang kemudian dirumuskan dalam bunyi Sumpah Pemuda. Meskipun Sumpah Pemuda diperingati setahun sekali, namun semangat Sumpah Pemuda harus terus ada dalam diri kita selamanya.

Generasi pemuda zaman sekarang perlu meningkatkan kreativitas dan inovasi seiring dengan perkembangan zaman yang penuh persaingan dan tantangan. Semangat Sumpah Pemuda harus tetap dijaga terlebih di tengah pandemi COVID-19. Seharusnya dimasa pandemi seperti ini kita harus lebih semangat, karena dimasa seperti inilah kita sedang belajar kesungguhan.

Berikut tips-tips menjaga Sumpah Pemuda untuk pelajar : 

 1. Ada tujuan dan niat dalam diri

Tujuan dan niat dalam diri kita perlu adanya. Tujuan dan niat tersebut seperti misalnya tujuan kita belajar itu untuk apa bagi diri kita sendiri.

            2. Ukir prestasi dengan komitmen belajar penuh

Prestasi ini tidak hanya di bidang akademik saja, tetapi juga di bidang lain yang memberikan manfaat bagi masyarakat luas dan membawa nama harum bangsa. Seperti di bidang bisnis, pengembangan program masyarakat, dan masih banyak lagi. Memang untuk mencapai prestasi tersebut tidak mudah, kita perlu bekerja keras dan semangat untuk mendapatklan prestasi tersebut.

3. Modern bukan berarti melupakan budaya dan sejarah

Di era digital seperti ini kita pasti akan berkeinginan untuk selalu terus melakukan apapun serba online. Tetapi, bukan berarti melupakan budaya dan sejarah bangsa. Dengan semangat Sumpah Pemuda ini, kita bisa berkarya dengan memerhatikan aspek budaya. Seperti misalnya terinspirasi oleh semangat para pejuang di masa lalu.

4. Menghentikan berita HOAKS yang memecah bangsa Indonesia

Apapun yang di posting di media sosial belum tentu semua berita atau gambar tersebut benar. Sehingga, apabila ada berita yang kita belum benar atau tidaknya sebaiknya kita bertanya terlebih dahulu pada guru atau orang tua. Jangan sampai kita menyebarkan berita-berita yang belum tentu benar kebenarannya itu.

5. Menyempurnakan penggunaan Bahasa Indonesia

Seiring berkembangnya teknologi banyak anak-anak muda cenderung memilih menggunakan bahasa asing untuk mengikuti perkembangan zaman.Namun, kita harus lebih mengutamakan penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia akan membuat kamu berkawan dengan saudara setanah air dari negara lain.

 

Cara di atas dapat kamu lakukan untuk menumbuhkan semangat Sumpah Pemuda pada diri kalian. Bagaimana menurutmu? Cara ini dapat kamu lakukan dan coba.

Semoga dapat membantu! Demikian artikel tentang cara menjaga semangat Sumpah Pemuda untuk para pelajar.

Penulis : Eka Lestari Kelas IX SMP Negeri 4 Ungaran

Referensi:

https://radarjambi.co.id/read/2019/10/28/22684/menjaga-semangat-sumpah-pemuda

https://onlinelearning.binus.ac.id/2020/10/28/semangat-sumpah-pemuda-yang-bisa-dicontoh-oleh-generasi-muda/

Gambar :

https://www.pinterest.com/pin/558164947576505756/sent/invite_code=ffc29ede136445589242df7d2526c237&sender=633037428780964430&sfo=1

Tagar :

 

11 Replies to “Cara Menjaga Semangat Sumpah Pemuda untuk Pelajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *