Tutorial Singkat Cara Pembuatan Poster Digital

E:\project\poster.png

Tutorial singkat tentang bagaimana cara membuat poster digital

E:\project\poster.png

Poster karya Chasey Aswin Aditya siswa SMPN 4 Ungaran

Kali ini saya ingin menjelaskan secara singkat bagaimana pembuatan poster secara digital. Jika dilihat akhir akhir ini penggunaan poster digital memang sangat marak digunakan dalam promosi maupun untuk memperingati suatu peristiwa. Selain itu poster juga banyak digunakan dalam penyampaian suatu pesan,kritik maupun pesan-pesan yang mengangkat isu politik. Baiklah tanpa basa basi lagi akan saya jelaskan bagaimana tahap pembuatan poster digital secara singkat.

Tahap dalam pembuatan poster yang biasa saya lakukan ada 5, yakni sebagai berikut :

1. Sketsa

Sketsa merupakan salah satu tahapan penting dalam pembuatan poster digital. Dalam tahapan sketsa kalian harus memikirkan konsep awal dari poster yang akan kalian buat. Kalian dapat membuat sketsa menggunakan kertas lalu di scan menggunakan scanner maupun handphone. Bisa juga kalian membuat sketsa langsung dengan software desain grafis seperti photoshop ataupun adobe illustrator.

2. Lineart

Ya dilihat dari namanya lineart merupakan salah satu tahapan yang dimana menebalkan kembali sketsa yang telah kalian buat. Hal ini juga perlu diperhatikan karena lineart biasanya harus terlihat lebih rapi dan lebih halus dibandingkan dengan sketsa yang kalian buat. Dalam pembuatan lineart dalam hasil akhirnya tidak diharuskan terlihat seperti konsep dan sketsa awal kalian boleh mengubahnya selama tidak mengubah isi pesan yang akan disampaikan.

3. Warna dasar

Dalam pemberian warna dasar tidak dapat asal-asalan dikarenakan setiap warna memiliki sebuah makna tersendiri seperti dalam poster sumpah pemuda yang saya buat menggunakan warna merah yang menggambarkan amarah dan semangat perjuangan rakyat Indonesia pada masa itu.

Begitu pula dengan kombinasi warna juga tidak dapat asal-asalan, dalam mengkombinasikan warna kalian harus memerhatikan kontras dan suasana yang ingin ditampilkan dalam gambar tersebut. Dalam pembuatan poster biasanya tidak perlu menggunakan banyak warna yang kontras. Pakailah warna yang sekiranya tidak berlebihan dan mencolok.

4. Shading

Shading merupakan sebuah tahapan dimana kalian memberikan area gelap dan terangnya suatu objek dalam gambar. Shading sangat penting karena hal ini dapat memperjelas dan mempercantik tampilan objek yang telah kalian buat.

5. Finishing

Sebuah tahapan akhir dimana kalian dapat menuliskan pesan singkat yang ingin disampaikan serta memberikan efek-efek atau sentuhan terakhir yang dibutuhkan. Dalam penulisan pesan jangan terlalu panjang dan berbelit belit. Cukup sederhana saja tapi isi nya tetap tersampaikan gunakan 1-3 font saja jangan terlalu banyak mengkombinasikan font atau gaya tulisan

Begitulah tahapan dalam pembuatan poster secara digital. Bagaimana menurut Anda? Singkat bukan?

Supaya Anda mahir membuat poster digital, latihanlah sesering mungkin. Ingat kata pepatah :

“Kegagalan awal dari keberhasilan.”

Tagar :

6 Replies to “Tutorial Singkat Cara Pembuatan Poster Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *